Dampak Positif dan Negatif Sekolah Homogen Khusus Perempuan

Sekolah Homogen Khusus Perempuan

Sekolah khusus perempuan. Apa yang ada dibenak Anda ketika Anda mendengar kata sekolah khusus perempuan? Sebuah keseruan ataukah sebuah keterbatasan? Sekolah khusus perempuan merupakan salah satu contoh dari sekolah homogen. Homogen yang dimaksud disini adalah jenis kelamin anak-anak yang menuntut ilmu disekolah tersebut. Jika sebuah sekolah terbuka bagi siapa saja, baik anak laki-laki maupun perempuan, sekolah tersebut dinamakan sekolah heterogen. Sedangkan apabila sekolah tersebut dikhususkan untuk salah satu jenis kelamin saja, misalnya sekolah khusus laki-laki atau sekolah khusus perempuan, sekolah tersebut dinamakan sekolah homogen. Dari beberapa pengamat http://agenbola108.net eksistensi sekolah khusus perempuan ini kian menjamur di Indonesia. Biasanya, sekolah khusus perempuan ini dibangun oleh sebuah yayasan keagamaan walaupun tidak semuanya seperti itu.

Memasukkan anak perempuan Anda kesekolah khusus perempuan, berarti mengurangi interaksi anak perempuan Anda dengan temannya yang berbeda jenis kelamin. Hal ini dikarenakan anak akan menghabiskan sebagian besar waktunya disekolah untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Sebelum memasukkan anak Anda di sekolah khusus perempuan, ada baiknya ada memikirkan dampak yang akan terjadi untuk anak Anda. Entah itu dalam segi pergaulan, pemikiran, maupun prestasi. Oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan edukasi di sekolah khusus perempuan:

Kelebihan:
1. Mendapatkan pelajaran keputrian secara maksimal. Ada beberapa sekolah khusus perempuan yang juga memberikan peraturan yang sama untuk para tenaga pengajarnya. Yakni, guru yang boleh melamar pekerjaan untuk mengajar disitulah adalah para guru yang berjenis kelamin wanita. Hal ini bertujuan agar ketika anak-anak perempuan belajar tentang keputrian, sang ibu guru dapat lebih memahami daripada bapak guru. Pelajaran keputrian tersebut mencakup banyak hal, misalnya pelajaran muatan lokal menjahit, memasak, dll. Selain itu, pelajaran keputrian juga termasuk ilmu pengetahuan mengenai perkembangan anak perempuan. Entah itu ditilik dari pelajaran biologi maupun pelajaran agama. Jika tenaga pengajarnya adalah seorang perempuan, mereka akan lebih bisa memahami karena sama-sama perempuan. Oleh karena itu, pelajaran keputrian dapat anak Anda dapatkan secara maksimal tanpa adanya rasa malu ataupun takut.

Sekolah Khusus Perempuan

2. Membentuk pribadi anak menjadi lebih mandiri. Tidak adanya teman laki-laki yang dapat diandalkan untuk melakukan hal-hal atau pekerjaan yang lumayan berat, membuat anak-anak perempuan harus melakukannya sendiri. Oleh karena itu, ini akan membentuk pribadi anak Anda menjadi anak perempuan yang mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain terutama teman laki-lakinya.

3. Membuat anak menjadi lebih ekspresif. Sekolah dengan siswa satu jenis kelamin, yakni perempuan, akan menimbulkan rasa nyaman pada diri anak Anda. Selain itu, anak Anda akan menjadi pribadi yang lebih ekspresif. Hal ini dikarenakan mereka tidak akan malu atau takut diolok-olok oleh anak-anak lelaki apabila mereka melakukan suatu hal yang biasanya dilakukan oleh anak lelaki. Contohnya saja apabila ada anak yang tertarik tentang dunia robot, ia tidak akan malu untuk menyalurkan hobinya dan tidak akan khawatir untuk diejek teman lelakinya.

Kekurangan:
1. Membuat anak kurang siap menghadapi dunia. Ada beberapa ahli berpendapat bahwa memasukkan anak kedalam sekolah khusus perempuan sama dengan menyiapkan sang anak untuk takut menghadapi dunia. Hal ini dikarenakan kehidupan sosial masyarakat tetaplah heterogen, mau tidak mau seorang anak perempuan akan berinteraksi dengan anak laki-laki.

2. Dapat memicu adanya penyimpangan seks. Menghabiskan banyak waktu dengan orang yang sama dan sejenis akan menimbulkan rasa nyaman bagi anak tersebut. Namun, banyak rasa nyaman tersebut merupakan rasa yang tidak seharusnya. Misalnya saja ada seorang anak perempuan yang kagum dengan teman perempuannya karena sering menghabiskan waktu bersama. Lalu, rasa kagum tersebut akan berkembang menjadi rasa sayang yang tidak pada tempatnya.

Setiap hal pasti memiliki sisi positif dan negatifnya masing-masing seperti saat bermain judi di agen Sbobet http://bengkelbola.org begitu juga dengan sekolah satu gender, sekolah khusus perempuan. Akan tetapi, semua itu dapat teratasi ketika anak Anda dapat membawa diri dengan baik.

Be the first to comment on "Dampak Positif dan Negatif Sekolah Homogen Khusus Perempuan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*