Alasan Dibalik Berdirinya Sekolah Khusus Perempuan Di Indonesia

Sekolah Khusus Perempuan

Masa-masa sekolah merupakan salah satu masa yang indah untuk dikenang dan dijalani. Tak hanya itu, dimasa sekolah, anak-anak banyak mengalami hal-hal baru dalam hidupnya. Tidak hanya menuntut ilmu dikelas, perkembangan jiwa maupun pikiran seorang anak juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekolahnya. Hal ini dikarenakan lingkungan sekolah merupakan tempat kedua anak-anak untuk menghabiskan sebagian waktu mereka. Mereka akan belajar, bermain bersama teman, bertukar pikiran, melakukan suatu kegiatan yang mereka sukai, menyalurkan hobi mereka, hingga mencoba hal-hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya.

Pada umumnya, komponen sekolah identik dengan guru, karyawan, dan para siswa. Siswa-siswa tersebut berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan yang menduduki satu wilayah kelas sesuai dengan jenjang mereka saat itu. Namun, bagaimana pandangan Anda apabila Anda mendengar kata sekolah homogen? Sekolah homogen merupakan kebalikan dari sekolah heterogen. Menurut http://speedbet88.co sekolah heterogen yakni sekolah yang menampung siswa dari berbagai aspek, tidak memilih, merupakan sekolah umum, dan tidak ada syarat khusus. Syarat khusus disini lebih kepada syarat mengenai jenis kelamin pada peraturan sekolah. Sedangkan sekolah homogen merupakan sekolah yang memiliki beberapa peraturan atau syarat khusus yang diterapkan disekolahnya. Peraturan atau syarat tersebut biasanya berupa pemilihan gender. Yakni, ada sekolah yang hanya menerima siswa-siswa yang berjenis kelamin laki-laki, dan ada juga sekolah yang khusus untuk perempuan.

Di Indonesia, sekolah khusus perempuan semakin meningkat jumlahnya tiap tahun. Sudah banyak sekolah-sekolah dari berbagai yayasan yang membuka sekolah khusus untuk perempuan dalam berbagai jenjang. Baik itu Sekolah Dasar khusus perempuan, Sekolah Menengah Pertama khusus perempuan, Sekolah Menengah Atas khusus perempuan, bahkan ada sebuah perguruan tinggi khusus untuk perempuan diluar negeri. Tidak ada yang mengetahui secara pasti apa latar belakang pertama kali didirikannya sekolah khusus perempuan di Indonesia.

Namun, banyak para ahli yang mengaitkan tentang sekolah khusus perempuan ini dengan tokoh wanita di Indonesia, Kartini. Di Bogor, ada sekolah khusus perempuan yang bernama Kartini School dan telah didirikan sejak 2 Mei 1915 silam. Oleh karena itu, banyak yang memercayai bahwa awal mula berdirinya sekolah khusus perempuan adalah untuk mensejajarkan derajat perempuan dengan derajat laki-laki. Hal ini identik dengan pada masa penjajahan dahulu, dimana kaum wanita dianggap tidak penting, dinomor duakan, tidak dipercayai, tidak diberi keadilan, dan tidak diberi kesempatan secara luas untuk mencicipi ilmu pengetahuan layaknya kaum pria. Kaum wanita dianggap sebagai orang-orang yang hanya memiliki kewajiban untuk mencuci pakaian, memasak, menjahit, mengurusi rumah, bahkan melayani hawa nafsu kaum pria.

Oleh karena itu, didirikanlah sekolah khusus perempuan oleh pahlawan wanita Indonesia, Ibu Kartini agar anak-anak perempuan juga dapat mengecap manisnya pendidikan. Karena beliau percaya, kunci dari penindasan terhadap kaum wanita adalah karena mereka tidak memiliki ilmu pengetahuan sebagaimana kaum lelaki. Hal ini terbukti, setelah banyak para perempuan yang mengecap pendidikan, para perempuan tersebut mulai berontak, mulai membuka suara mengenai hak-hak mereka sebagai makhluk Tuhan yang sama dengan kaum lelaki.

Bahkan, lambat laun, kemampuan perempuan dianggap sejajar dengan kemampuan para lelaki di http://citibetqq.com Hal ini terbukti dengan munculnya sekolah-sekolah yang memberikan wadah bagi siswanya baik laki-laki maupun perempuan untuk mengecap pendidikan ditempat yang sama walaupun tetap tidak menghilangkan sekolah-sekolah yang khusus untuk perempuan. Selain itu, emansipasi untuk kaum wanita juga terlihat ketika negara Indonesia di pimpin oleh seorang wanita, yakni Ibu Megawati Soekarnoputri. Hal ini membuktikan bahwa tujuan awal berdirinya sekolah khusus perempuan telah mencapai kata berhasil.

Be the first to comment on "Alasan Dibalik Berdirinya Sekolah Khusus Perempuan Di Indonesia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*